HardFork

HardFork adalah perubahan mendasar yang harus dilakukan di dalam Blockchain. HardFork umumnya dilakukan jika pada node yang belum memperbarui set aturan tentang block yang valid, tidak dapat mengikuti pola aturan yang baru. Sehingga di dalam jaringan bitcoin, selalu akan menghasilkan perbedaan pandangan tentang aturan block baru itu. Dalam hal ini, perbedaan tersebut terjadi berulang kali seolah tanpa ada titik penyelesaiannya. Sehingga, perlu adanya perubahan set aturan secara menyeluruh di dalam blockchain.

Jika pada SoftFork set aturan baru haruslah didukung oleh mayoritas node di dalam jaringan, maka pada penerapan HardFork, set aturan baru itu harus dijalankan oleh seluruh node. Oleh karena itu, istilah HardFork, lebih identik sebagai sebuah perubahan yang radikal terhadap blockchain. Karena, perubahan itu dilakukan secara menyeluruh, dijalankan dan dipatuhi oleh seluruh node. Dalam hal ini, maka seluruh node diwajibkan untuk memperbarui perangkat lunak mereka pada versi yang terbaru.

Sederhananya, akibat Hardfork ini, akan menciptakan fork blockchain yang baru, menciptakan cabang baru yang selanjutnya diikuti oleh block-block selanjutnya. Jika Hardfork ini diterapkan, sementara ada node yang belum memperbarui protokolnya dengan versi yang baru, maka node tersebut akan menyadari bahwa versi blockchain itu tidak sesuai, sehingga harus diupgrade sesuai dengan versi yang baru.